15 November 2008

Search Engine Rangking atau Rangking Search Engine ???


Ada yang bisa jawab pertanyaan diatas ga???!!! atau malah tambah pusing ??!!! hehehe berarti aQ berhasil buat semua yang baca pusing..., Oh ya daripada sama-sama pusing lebih baik kita lanjut aja untuk belajar SEO bagi pemula... Setuju??!!!


Oke kita lanjut tapi aQ pesen kopi ma rokok dulu ya... ( biar lancar nulisnya... )

Ehhmmm... Apa ya kata-kata yang pas buat pembuka postingan ini biar lebih serius..??!! kira-kira kayak gini aja deh...

Banyak halaman web yang bagus, berbobot isinya, enak dipandang mata karena banyak widget-nya tapi belum tentu memberikan hasil yang baik pada search engine. Maka dari itu kita harus tahu cara untuk mengoptimalkan halaman web dengan tag-tag HTML serta hal-hal yang mempengaruhi rangking pada Search Engine.

Tiap-tiap search engine memiliki cara dan algoritma masing-masing untuk menentukan rangking sebuah website. Tapi ada beberapa poin yang akan saya jabarkan yang mana umum dipakai tolak ukur oleh sebagian besar search engine, dan saya harap kita ga perlu memakainya apabila kita ga mau untuk menjadi Top Ten di search engine

Oh ya nunggu poin-poinnya ya...

1. Keyword pada domain name, jika kita punya web yang berisikan tentang ilmu komputer misalnya, maka akan sangat baik bila kita menggunakan domain www.ilmu-komputer.com. Ini merupakan cara paling kuno (zaman purba...), tetapi masih ampuh dan tetap dipakai oleh search engine.

2. Keyword pada nama file, misalnya kita punya halaman web yang berisi tentang cara melamar kerja yang baik, maka dengan berat hati saya sarankan sebaiknya disimpan dengan nama cara-melamar.html, ini juga mempengaruhi rangking kita

3. Keyword pada page title, tag <title> pada halaman HTML sangat penting untuk dioptimalkan. Usahakan agar title yang digunakan mengandung keyword yang relevan dengan isi halaman web.

4. Keyword pada headline, bagi temen-teman yang sudah menguasai HTML tentu mengenal tag-tag HTML. Tag headline sangat baik dipakai untuk judul sebuah paragraf, misalnya : <h>Cara Melamar</h>. Headline sangat diperhitungkan oleh Search Engine.

5. Gunakan keyword yang relevan pada meta tag, Ingat!!! Jangan menggunakan keyword yang sama sekali tidak ada hubungannya dengan isi halaman web kita, karena bisa dideteksi oleh searh engine dan dianggap spamming.

6. Keyword pada page content, keyword yang diharapkan haruslah terdapat pada isi halaman web kita. Gunakan kata-kata lain yang bisa berhubungan dengan keyword utama.

7. Meta tags, adalah tag-tag HTML khusus yang digunakan untuk menggambarkan keseluruhan dari isi web kita. (Besok-besok akan saya kuliti hal ini, jadi sabar aja...)

8. Link Popularity, adalah jumlah halaman web lain yang memasang link ke web kita. Ingat!!! Semakin banyak link popularity suatu web,rankingnya akan semakin tinggi...

Trus apalagi ya???!! akhhh aQ rasa dah cukup dengan 8 poin yang aQ berikan.

Sekarang yang harus kita lakukan adalah praktekan dan berdoalah semoga anda mendapat rangking yang baik pada daftar top ten search engine...

Tapi kalo masih bandel ga mau nurut ya udah... :p





 

1 komentar:

Linda mengatakan...

pusing yen...aq gak mudeng...hiks

Posting Komentar