15 November 2008

Apa Bedanya dari Search Engine vs Directory ???


Sebelum memulai belajar SEO bagi pemula, maka ada baiknya kita semuanya apalagi aQ yang newbie blogger ini untuk mengetahui apa sih search engine, trus bagaimana kerjanya, trus apa bedanya sama Direktori.

Yach setelah baca sana-sini akhirnya aQ dapat menyimpulkan kalo Search Engine itu merupakan sebuah situs yang memiliki database besar yang dirancang untuk meng-index alamat-alamt internet. Informasi ini bisa berupa teks, gambar, suara, bahkan juga video.

Untuk melaksanakanya, search Engine punya program khusus yang biasanya disebut Spider, Bot, atau Crawwler. Apaan tuh??? Bentar ya... aQ bakar rokok dulu!!! :))

Oke kita lanjut...

Spider itu adalah alat untuk menerima dan menganalisa URL ( alamat web ) kita saat kita mendaftarkan URL yang kita punya. Dengan cara proses dan prosedur tertentu itu, spider ini akan memutuskan apakah web yang kita daftarin layak diterima atau ditolak ( kaciannn dehh...!!! )

Jika kita dianggap layak, maka spider akan menambahkan alamat URL kita dan membaca semua isi atau content yang ada. Oh ya rangking pada sebuah web ditetapkan dengan metode tertentu sesuai dengan standart masing-masing search engine. Jadi bisa dibilang klo semua search engine memiliki program yang disebut Spider, dan program inilah yang sebenarnya menentukan apakah website anda bisa diterima atau tidak...

Trus bedanya apa dengan Direktori???!!!

Direktori itu yang meng-index halaman web secara manual. Manual disini adalah mereka menggunakan tenaga manusia untuk menganalisa setiap halaman web yang masuk ( tidak menggunakan spider atau crawler... )

Keunggulan dari direktori sendiri adalah mampu memberikan listing website yang berkualitas,tapi karena semuanya dilakukan secara manual menggunakan tenaga manusia maka jumlah database yang dimiliki biasanya jauhhhh lebih kecil dibanding search engine.

Trus apakah direktori ini sangat berpengaruh??!!

Ingat!!! saat ini sebuah direktori disamping menyediakan listing yang dapat dilihat per kategori juga untuk menunjang ke-akurat-an hasil pencarian dari search engine, maka dari itu posisi rangking sebuah web di search engine juga sangat dipengaruhi oleh listing website tersebut pada beberapa direktori utama. Contoh beberapa direktori besar yang sangat berpengaruh adalah Yahoo Directory, Open Directory, dan Looksmart.

Ok, sekarang kita sudah sama-sama mengenal sekilas perbedaan antara search engine dan direktori. Kalo ada yang salah mohon para master SEO kasih comment ya... :)

Semoga bermanfaat (apalagi blogger newbie kayak aQ...) :p

 

0 komentar:

Posting Komentar